Kamis, 27 Desember 2012

Memaknai Tahun Baru 2013

Tinggal beberapa hari lagi tahun 2012 akan segera meninggalkan kita, tak terasa waktu satu tahun telah berlalu. Banyak suka dan suka silih berganti menghiasi perjalanan waktu tahun 2012. Kadang waktu suka dan tidak sedikit waktu duka yang dialami. Itulah panorama hidup dan kehidupan manusia saling isi mengisi menghiasi hidup dan kehidupan. Tinggal bagaimana kita dapat menyikapi dan mengartikan hidup dan kehidupan  kita dalam satu tahun berjalan.

Perjalanan waktu terus berjalan seiring dengan laju jaman kehidupan. Pola hidup manusia akan selalu berubah seiring dengan pola hidup yang dilakukannya. Tuntutan jaman kadang menghendaki kita untuk berbuat dan berperilaku, namun kadang kita tak bisa secara langsung untuk megikutinya, kita perlu proses pembelajaran, mungkin itulah yang disebut dengan dinamika kehidupan. Tahun 2013 seolah memperpanjang usia kita, namun sebenarnya justru mengurangi umur kita. Karena usia seseorang sudah ditentukan atau ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa. Jadi pada dasarnya setiap tahun usia manusia selalu berkurang. 

Yang harus kita maknai dalam pergantian tahun adalah bagaimana kita dapat melanjutkan kehidupan dengan penuh warna kearifan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Hidup di dunia ini adalah sebuah perjuangan dan pengorbanan dengan berbuat kebaikan amal sholeh untuk meraih kehidupan yang lebih baik di akherat kelak. Bagaimana kita sebagai manusia harus mampu menjalankan aktivitas hidup dan kehidupan ini dengan penuh penghambaan dan penjiwaan kita kepada Sang Khalik. Kita harus mampu menjadikan dunia ini sebagai ladang amal yang akan kita petik hasilnya nanti di akherat. Kita maknai tahun baru dengan semangat baru untuk merubah perilaku kita kearah yang lebih baik. Kita susun skenario hidup dan kehidupan kita menjelang satu tahun ke depan dengan optimistis dan realistis dengan sandaran keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.  Insya Allah jalan yang akan kita lalui akan selamat dengan perlindungan Allah SWT.

Banyak manusia yang lalai tanpa ingat kepada Sang Pencipta, seolah kehidupan ini abadi dan selamanya. Apapun yang dilakukan tanpa memandang hukum Allah, semuanya jadi halal, semuanya serba gampang dengan berbagai cara dilakuakan asal tujuan tercapai, sekalipun itu melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya. Naudzubillahi Min dzalik. Padahal Allah SWT jelas memberikan gambaran dan peringatan kepada semua umat manusia dalam  Quran Surat Al-Asr ayat 1 - 3 sebagai berikut:
  1. Demi Masa
  2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk  kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran (QS. Al-Asr 1-3)
 Dalam ayat tersebut jelas, Allah SWT memberikan panduan dan peringatan kepada umat manusia, bahwa pada dasarnya manusia itu dalam keadaan merugi. Tapi Allah SWT. masih memberikan jalan keluar agar manusia tidak dalam keadaan merugi, yaitu bila manusia itu beriman, mengerjakan amal shaleh, serta mau dinasihati dan menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.  
Itulah yang harus menjadi pijakan kita dalam memulai aktivitas hidup dan kehidupan kita dengan  penuh keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Insya Allah jalan yang akan kita lalui mendapat Ridho dan kasih sayang-Nya. Mudah-mudahan tahun yang telah kita lewati mendapat keberkahan, dan tahun 2013 yang akan kita lalui mendapat taufiq dan hidayah serta  bimbingan-Nya .  Amin ....... 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar