Sabtu, 27 Oktober 2012

Introspeksi Diri

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali dihadapkan pada dua pilihan, apakah memilih yang baik atau benar,  ataukah harus memilih yang jelek atau tidak baik dalam pilihan kehidupan. Seringkali hal yang kecil membuat diri kita menjadi terlena oleh pilihan yang salah atau tidak baik. Nurani kadang terpinggirkan oleh perasaan yang begitu menggebu untuk mendapatkan sesuatu, yang kadang sesuatu yang kiita harapkan tidak sesuai dengan pilihan nurani kita.

Qolbu atau hati kita harus mampu  menjadi penuntun atau petunjuk dalam menentukan suatu pilihan  dalam aktivitas kehidupan. Yang menjadi pertanyaan, hati yang seperti apa dan yang bagaimana, hati yang dapat menjadi penuntun atau petunjuk bagi langkah kehidupan kita. Kalau kita mengkaji Al-quranil Karim, maka jawabannya adalah; hati yang selalu berdzikir kepada Allah SWT, pemilik dan penguasa langit dan bumi serta segala isinya, adalah jawabannya.

Allah SWT. menjamin  manusia yang hatinya selalu ingat dan berdzikir akan dapat mengintrospeksi dirinya dalam setiap langkah kehidupannya. Sesuaikah langkah yang ditempuh, salahkah jalan yang dilalui atau tidak, hatinya selalu di tuntun dan mendapat petunjuk atau hidayah. Mari biasakan dalam diri kita untuk selalu dan selalu ingat kapada Allah SWT. agar langkah kehidupan kita selalu mendapat bimbingan, petunjuk dan hidayah dari-Nya. Sebagaimana firman-Nya; "Dengan  ingat kepada Allah, hati akam menjadi tenteram/damai". Semoga ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar