Senin, 29 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda

Kemarian bangsa Indonesia Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2012. Sebagai tonggak sejarah terbentuknya persatuan dan kesatuan dari berbagai suku bangsa yang ada di wilayah nusantara ini, seperti Jong Ambon, Jong Jawa, Jong Sumatra, dsb melebur diri menjadi satu kekuatan bangsa Indonesia.

Perjuangan tokoh-tokoh muda Indonesia pada saat itu ingin mewujudkan terbentuknya identitas atau fondasi yang digaungkan dalam tiga ikrar dalam satu wujud Indonesia, satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Dengan gaung sumpah pemuda ini, perjuangan  bangsa Indonesia tidak terkotak-kotak, tidak bercerai berai, namun satu dalam wadah Indonesia, untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Alhasil 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Indonesia merdeka, Indonesia terbebas dari belenggu penjajah. Bangsa dan rakyat Indonesia patut mengucap syukur ke hadirat yang Maha Kuasa atas kemerdekaan bangsa ini. Perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, patut kita teruskan dan kembangkan dalam mengisi lembaran kehidupan

Sekarang patut kita sayangkan, banyak sekali terjadi tawuran antar kelompok masyarakat, antara desa dengan desa, antara kampung dengan kampung, bahkan antar pelajar dan mahasiswa. Kejadian ini sungguh aneh tapi nyata, tujuan apa yang hendak mereka dicapai.  Apa yang ingin mereka harapkan? 

Wahai para generasi muda, singsingkan lengan bajumu untuk membangun negeri ini, perkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun dan memajukan bangsa ini. Satukan niat kita dalam satu tekad untuk bersatu dan bersatu, dan jauhkan pertengkaran, percekcokan serta perselisihan. Insya Allah negeri ini akan menjadi negara yang maju, tentram dan damai serta sejahtera di bawah lindungan Allah SW. Amin  ......
semoga .......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar